Rabu, 24 Maret 2010

Meningkatkan Keamanan Jaringan Wireless

Hacker hanya membutuhkan waktu 50 detik untuk menerobos masuk ke dalam jaringan wireless yang tidak diproteksi dengan metode enkripsi terbaru. Lebih dari 50 persen jaringan wireless tidak cukup terlindung. Hal ini memang dapat dimaklumi karena mengon¬figurasi sebuah router WLAN dengan baik tidaklah mudah.
Berikut ini adalah langkah-langkah mengamankan jaringan Wireless :
Langkah 1

Melindungi Router
Router merupakan pusat komunikasi untuk seluruh jaringan Anda. Area ini tidak boleh ditembus oleh hacker. Tips-tips berikut akan mencegah penyusup masuk ke WLAN Anda.
Untuk konfigurasi pertama, Anda membutuhkan sebuah kabel jaringan untuk menghubungkan PC dengan router. Semua konfigurasi yang dibahas di artikel ini, diambil dari Linksys WRT310N yang banyak tersedia di pasaran. Untuk merek-merek lain, cara konfigurasinya hampir mirip, hanya berbeda pada penamaan dan struktur menu. Semua router, kecuali Apple AirPort Extreme, dapat dikonfigurasi melalui web interface yang diakses melalui browser seperti Firefox atau Internet Explorer.
Pada router Linksys, alamat yang digunakan adalah http://192.168.1.1. Untuk router lain alamat ini dapat dilihat di buku petunjuknya.

PASSWORD ROUTER : Setelah memasukkan alamat router, Anda akan diminta memasukkan password Administrator. Untuk Linksys, kosongkan kolom “User Name” dan masukkan “admin” sebagai password-nya. Password ini sebaiknya langsung diubah agar hacker tidak dapat melihat konfigurasi jaringan Anda hanya dengan password standar ini.

Untuk mengubah password ini, klik menu “Administration | Management” dan ketikkan sebuah password baru pada kolom “Router Password”. Panjang password minimal enam karakter, terdiri atas huruf dan angka serta bukan berupa kata. Setelah itu, simpan setting dengan mengklik “Save Settings”.

UPDATE FIRMWARE : Seperti halnya Windows Update, produsen router wireless menutup celah keamanan dalam perangkat Anda dengan memberikan firmware update. Selain itu, performa router pun semakin cepat.

Untuk mempersiapkan upgrade router, backup semua setting router agar konfigurasi seperti konfigurasi akses ADSL tidak hilang. Namun, tidak perlu repot-repot. Sebuah fungsi tersedia untuk melakukan seluruh backup. Untuk router Linksys, masuklah ke menu “Administration | Backup and Restore”.

Kemudian, klik tombol “Backup Configurations”. Simpan file konfigurasi tersebut di tempat yang aman.
Setelah backup selesai, lakukan update yang sebenarnya. Di sini, komputer harus terhubung ke router melalui kabel agar koneksi tidak terputus. Hati-hati! Apabila koneksi WLAN terputus selama proses update, router Anda akan rusak. Hanya satu solusinya, bawa router Anda ke service centre.

Bergantilah ke menu “Administration | Firmware Upgrade | Browse” dan pilih file update firmware yang telah Anda download sebelumnya. Terakhir klik “Start to Upgrade”. Selanjutnya, proses update akan berlangsung dan Anda dapat melihat progresnya dari visualisasi yang diberikan. Pasokan listrik tidak boleh terputus selama proses ini. File firmware update yang telah di-download harus disimpan pada komputer terlebih dahulu. File ini dapat Anda download dari website vendor router masing-masing. Untuk router Linksys, kunjungi http://www-id.linksys.com untuk mendapatkan update firmware terbaru.

Bila setting hilang saat update dilakukan, Anda dapat mengembalikan konfigurasi melalui menu “Administration | Backup and Restore | Restore Configurations”.

ENKRIPSI WLAN : Router Anda sudah menggunakan firmware terbaru. Daerah konfigurasi pun sudah terproteksi dengan password. Sekarang, Anda masih harus mengamankan WLAN yang sesung¬guhnya. Anda memiliki pilihan antara metode enkripsi berikut: WEP (Wired Equivalent Privacy), WPA PSK (WiFi Protected Access – Pre Shared Key), dan WPA2-AES (WiFi Protected Access2 – Advanced Encryption Standard). WEP tergolong tidak aman karena dapat dijebol dengan software khusus dalam hitu¬ngan menit. Perangkat tua dengan enkripsi WEP tidak lagi aman untuk sebuah jaringan. Sebaiknya, Anda tetap menggunakan WPA.
Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut ini.
Aktifkan dahulu WLAN melalui menu “Wireless | Basic Wireless Settings”. Pilih “Manual” untuk konfigurasi secara manual. Linksys menyediakan pilihan “Wi-Fi Protected Setup” yang memudahkan Anda melakukan konfigurasi router — cukup dengan menekan satu tombol di perangkat router Linksys.

Asumsi setting yang dilakukan adalah memilih option “Manual”. Jadi, selanjutnya berikan nama pada kolom “Network Name (SSID)”. Nantinya, nama ini akan muncul dalam daftar jaringan yang tersedia di Windows. Bila Anda ingin jaringan wireless Anda tidak terlihat oleh orang lain, pilih “Disabled” pada menu option “SSID Broadcast”.

Selanjutnya adalah melakukan setting keamanan. Masuklah ke “Wireless | Wireless Security”. Di bagian “Security Mode”, pilih “WPA2 Personal”. Sekarang, tambahkan sebuah password untuk jaringan yang nantinya dipakai client untuk mengakses WLAN. Masukkan sebuah password di kolom “Passphrase” dengan panjang minimal 10 karakter dan terdiri atas huruf dan angka. Aktifkan setting keamanan ini dengan mengklik “Save Settings”.

MAC FILTERING : Keamanan tambahan dapat diperoleh dengan melakukan pemblokiran terhadap alamat MAC (Media Access Control) yang tidak dikenal. Seperti halnya fungsi sebuah nomor rangka pada kendaraan, setiap perangkat jaringan pun diberi identitas alamat tertentu.

Walaupun seseorang mengetahui password WLAN, password tersebut tidak akan berguna apabila menggunakan komputer dengan alamat MAC yang tidak diotorisasi. Alamat ini memang dapat ditemukan oleh hac¬ker, dengan cara memantau lalu lintas data dalam jaringan. Namun, feature ini tetap menawarkan keamanan ekstra.

Untuk mengaktifkan feature ini, masuk¬lah ke menu “Wireless | Wireless MAC Filter” dan klik “Enabled” untuk mengaktifkan featue MAC Filtering. Kemudian, pilih “Prevent PCs listed…” agar hanya PC dengan MAC Address terdaftar yang dapat mengakses WLAN Anda. Mode keamanan ini memang sedikit merepotkan karena Anda harus memasukkan satu persatu MAC Address komputer yang boleh masuk ke jaringan wireless Anda. Terakhir, untuk mengaktifkan mode ini, konfirmasikan dengan “Save Settings”.
Langkah 2

Mengkonfigurasi Client
Untuk konfigurasi client, hal yang harus diperhatikan adalah masalah driver yang aktual dan update. Ini untuk memastikan jaringan menggunakan koneksi WPA2 yang aman dan dapat browsing dengan kecepatan maksimal.

INSTALL DRIVER BARU : Ins¬tall driver versi terbaru yang diperoleh dari website produsen WLAN-Client. Pengguna dengan notebook Centrino dapat melakukan cara yang lebih mudah.
Penting: Uninstall lebih dahulu driver yang lama melalui menu “Start | Control Panel | Add/Remove Programs” sebelum Anda menjalankan prosedur instalasi.

MENGAKTIFKAN KONEKSI JARINGAN : Lepaskan koneksi kabel antara router dan PC. Setelah itu, klik icon WLAN di sebelah kanan, di bagian bawah systray Windows. Akan muncul sebuah daftar yang berisi semua jaringan wireless yang tersedia. Klik WLAN Anda dan ketik password untuk jaringan tersebut. Windows akan mengingat password ini dan akan membuat koneksi secara otomatis untuk ke depannya.

MENGATASI MASALAH PERFORMA : Untuk jaringan yang sudah aman, tetapi performanya sangat lambat, sebaiknya Anda mengganti channel-nya. Untuk itu, masuk-lah ke Web Configuration Linksys.

Melalui menu “Wireless | Wireless Security “, ubah channel dalam menu “Standard Channel” ke salah satu berikut ini: 1, 6, atau 11. Pemilihan channel ini sesuaikan dengan kondisi jaringan wireless di sekitar Anda.

Kepadatan WLAN yang tinggi dapat menimbulkan masalah performa, terutama untuk proses streaming HD-Video. Apabila kecepatan tidak memadai setelah optimasi channel dilakukan, gunakan alternatif yang kami sarankan ini untuk perangkat HD-Multimedia dalam jaringan Anda. Dengan cara ini, jaringan terkoneksi dengan kecepatan yang optimal dan berselancar dalam sebuah jaringan bebas hac¬ker.
Frekuensi 5 GHZ: Jalur WLAN Baru

Kebanyakan perangkat WLAN memancarkan frekuensi yang “sesak”, yaitu 2,4 GHz. Artinya, tidak hanya WLAN yang menggunakannya. PC dan perangkat elektronik lain, seperti DECT Phone, headset Bluetooth atau microwave, juga bekerja pada frekuensi 2,4 GHz sehingga dapat mengganggu sinyal.

Perlengkapan antena router pun berperan penting. Bila router Anda hanya menyediakan sebuah antena, arahkan antena ini miring ke bawah agar cakupan pancarannya semakin luas. Router keluaran terbaru biasanya menyediakan beberapa antena internal sekaligus dan telah terkonfigurasi secara otomatis.

Perangkat yang menjadi rekomendasi adalah router yang telah menggu¬nakan teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output). Salah satu di antaranya adalah Netgear Bridge WNHDEB111. Selain untuk frekuensi 2,4 GHz, perangkat ini dapat digunakan untuk frekuensi 5 GHz. Sayangnya, frekuensi ini hanya menyediakan jumlah channel yang terbatas. Dengan router Netgear, Anda dapat ber¬alih ke 5 GHz tanpa harus kehilangan kecepatan jaringan. Peralatan ini terdiri atas dua perangkat yang saling terhubung dalam frekuensi 5 GHz, dengan bandwidth sekitar 300 Mbit/s. Kinerja ini penting, misalnya untuk streaming video HD.

Instalasi HD-Bridge cukup mudah. Pertama, hubungkan kedua adapter dengan kabel antara perangkat yang ingin diaktifkan dengan koneksi wireless highspeed. Setel switch kecil di bagian belakang kedua wireless module ini ke posisi »Auto«. Lalu, tekan tombol »WPS« di bagian depan pada salah satu Bridge Adapter. Dalam waktu dua menit, Anda harus menekan tombol yang sama pada adapter yang kedua.

Dinding tebal merupakan masalah besar bagi setiap WLAN. Dengan sebuah LAN Adapter, Anda dapat membangun network yang aman melalui jaringan listrik.

Tidak harus selalu nirkabel. Bila pancaran 2,4 GHz dari WLAN tidak lagi efektif, Anda dapat menggunakan HomePlug-Adapter dari AzTeCH untuk mengirim data. Teorinya, data dapat dialirkan de¬ngan bandwidth sampai 200 Mbit/detik melalui jaringan listrik 230 Volt. Praktik¬nya, performa yang diperoleh maksimal hanya 85 Mbit/s. Namun, kecepatan ini cukup untuk menikmati streaming HD-Video.

Sumber : chip

0 komentar:

Posting Komentar

 
#sarudik cyber community#

. Copyright © 2010 Blog is Designed by Ecka Lienardy Sponsored by Sarudik-crew